Pertolongan Awal Pada Korban Patah Tulang

Pertolongan awal pada korban patah tulang, merupakan salah satu langkah penting yang harus diperhatikan. Kesalahan penanganan bisa menimbulkan kondisi yang lebih parah.

Ada beberapa penanganan yang perlu dilakukan pada pertolongan awal, yaitu :
  1. Kenali ciri awal patah tulang dengan memperhatikan riwayat trauma yang terjadi karena; benturan, terjatuh atau tertimpa benda keras yang menjadi alasan kuat pasien mengalami patah tulang. Biasanya, pasien akan mengalami rasa nyeri yang amat sangat dan bengkak hingga terjadinya perubahan bentuk yang kelihatannya tidak wajar (seperti; membengkok atau memuntir).
  2. Jika ditemukan luka yang terbuka, bersihkan dengan antiseptik dan usahakan untuk menghentikan pendarahan dengan  dibebat atau ditekan dengan perban atau kain bersih.
  3. Lakukan reposisi (pengembalian tulang yang berubah ke posisi semula) namun hal ini tidak boleh dilakukan secara paksa dan sebaiknya  dilakukan oleh para ahli atau yang sudah biasa melakukannya.
  4. Pertahankan daerah patah tulang dengan menggunakan bidai/ papan dari kedua sisi tulang yang patah untuk menyangga agar posisinya tetap stabil.

Sumber Gambar : http://kesehatandanpertolongan.blogspot.com


Syarat-syarat pembidaian:
·         Panjang bidai harus memenuhi syarat
·         Bidai harus pipih, empuk dan lembut
·         Ikatan harus cukup jumlahnya, tidak terlalu ketat ataupun longgar.
·         Ikatan dilakukan di atas dan di bawah tempat yang patah
·         Kalau mungkin yang memberikan pertolongan lebih dari satu orang
·         Setumpuk Koran untuk bidai patah tulang lengan bawah



Sumber : 
http://dokterbedahmalang.com
http://kesehatandanpertolongan.blogspot.com

2 komentar:

Rumah Herba FANELIA mengatakan...

Herbal PATAH TULANG.
GAMAT EMAS mengandung lebih banyak kolagen sebagai bahan perekat tulang, glukosamin dan kondroitin sulfat yang berguna merangsang pertumbuhan tulang rawan, memperbaiki jaringan tulang rawan yang rusak dan gangguan persendian. Sangat efektif untuk mengobati patah tulang dan radang sendi. Harga Rp. 212.500,- (70 Kapsul). Jl. Hankam 62 Ragunan JakSel. Telp. 021 - 710 85 910 / 0856 910 910 09 (PIN BB : 266B8265). http://faneliaherbs1.wordpress.com ; faneliaherbs@yahoo.com

Rumah Herba FANELIA mengatakan...

Obat Herba Khusus PATAH TULANG.
GAMAT EMAS mengandung lebih banyak kolagen sebagai bahan perekat tulang, glukosamin dan kondroitin sulfat yang berguna merangsang pertumbuhan tulang rawan, memperbaiki jaringan tulang rawan yang rusak dan gangguan persendian. Sangat efektif untuk mengobati patah tulang dan radang sendi. Harga Rp. 212.500,- (60 Kapsul). Permata Depok Regency Cluster Jade E20/17 Depok. Hp. 0856 910 910 09 (PIN BB : 266B8265). http://faneliaherbs1.wordpress.com ; faneliaherbs@yahoo.com

Posting Komentar

Kenji Goh

"... Takutlah dengan orang yang hanya MENGUASAI satu jurus"