Gojuryu Karate-Do Association Indonesia (Gojuryu ASS)




Pada tahun 1965 sekelompok anggota J.A.D. (Judo Association Djakarta) yang berdomisili di Jl. Raya Mangga Besar No. 73 Jakarta, mempunyai idea untuk latihan Karatedo disamping Judo, maka dipimpin oleh Hartono (Siauw Hai Tjiap) dibentuklah J.K.A.D. (Jiu-jitsu Karatedo Association Djakarta), yang diasuh oleh Bapak Budi Dharma. Pada waktu itu pelatih untuk Jiu-jitsu adalah Pak Budi Dharma dan pelatih Karatedo adalah Pak Hutapea.

Pada tahun 1968 atas persetujuan Badan Pengurus J.K.A.D, maka pimpinan teknik Karatedo diserahkan pada seorang Japan bernama Kunihiro Ishii Dan II, dari Gojuryu Karatedo Shinbukan Japan dan sekaligus nama J.K.A.D. di ganti menjadi Gojuryu Karatedo Shinbukan Indonesia, pengurus harian diketuai oleh Pak Budi Dharma dan dibantu Hartono. Disamping Hartono latihan juga adamelatih Karatedo. Dojo yang dipimpinnya antara lain ada Dojo Pomindo, Budi Mulia, Taman Sari dan Tunas Jaya.

Pada tahun 1971 Hartono melanjutkan pelajaran Karatedo di Tokyo Japan Karatedo Gojukai Japan yang dipimpin oleh Gogen Yamaguchi da diteruskan di Osaka Itami. Pada waktu itu di Indonesia sudah ada dua Perguruan Karatedo Gojuryu, Gojukai Karatedo Indonesia dipimpin oleh Pak Setyo Haryono yang m,enjadi anggota F.K.S.I (Federasi Karatedo Se-Indonesia), Gojuryu Shinbukan Indonesia oleh Pak Budi Dharma yang menjadi anggota P.O.R.K.I. (Persatuan Olahraga Karatedo Indonesia)

Sekembalinya Hartono dari Jepang, berdasarkan UUD 1945, dan mendapatkan dukungan dari Gojuryu yang ada di Indonesia, maka pada tanggal 25 Desember 1971 Oleh Hartono didirikan perkumpulan Karatedo yang bernama GOJURYU KARATEDO ASSOCIATION INDONESIA, Disingkat Gojuryu ASS, dengan para penasehat Pak Setyo Harjono dan Pak Budi Dharma.

Pada tahun 1972 Gojuryu ASS bersama Gojukai dan Gojuryu Shinbukan Indonesia resmi menjadi aggota F.O.R.K.I (Federasi Olahraga Karatedo Indonesia), selama itu sampai kini Gojuryu ASS aktif mengikuti semua kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh FORKI disamping dengan Perguruan Karatedo yang ada di Indonesia.



Sumber : 
http://gojuryuass.blogspot.com/
http://diazmartial.zoomshare.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kenji Goh

"... Takutlah dengan orang yang hanya MENGUASAI satu jurus"