Kata OSS atau OSSU Dalam Beladiri Jepang

Kata OSS atau OSSU merupakan sebuah kata yang sangat familiar dikalangan praktisi beladiri jepang.  Umumnya, kata Oss ini digunakan oleh karateka, namun demikian beladiri lain pun seperti Judo, aikido, kendo, dan juga Kempo juga lazim menggunakannya.

“OSSU!” diucapkan dengan intonasi yang agak cepat, sehingga hurup U di akhir kata nyaris tak terdengar. Sehingga bagi telinga kita, terdengar seperti bunyi “OSS” atau “OSH.”

Oss, sebenarnya dari huruf kanji Ossu, yang terdiri dari dua huruf kanji, yaitu Ossu , yang berarti menekan dan sinobu yang juga berati menekan. Huruf kanji dari sinobu berbentuk katana (pedang) di atas kokoro (hati). Jadi, Oss, bisa diartikan sebuah sikap atau kehendak untuk menekan diri sendiri, atau menaklukkan diri. Jadi, setiap kali mengucapkan oss, makna terpendam sebenarnya menyatakan kesediaan menaklukkan diri sendiri.

Implementasinya, kalimat ini diucapkan dalam dunia beladiri Jepang ketika siap untuk menerima/ mengemban tugas. Ibarat dari atasan memerintah: "Kamu siap mengerjakan tugas?", yang diperintah berkata: "Siap, Pak!!" (dalam hal ini dia berucap: "Ossu!!"). Jadi tugas dari atasan tersebut diibaratkan sebagai suatu beban derita. dan si penerima tugas mengkondisikan siap untuk menahan beban derita tersebut. Kalau diterapkan pada waktu latihan di dojo, bisa diartikan sebagai sebuah kesiapan untuk menerima perintah atau siap mengikuti petunjuk/ pelajaran atau sebagai bentuk penghormatan junior kepada seniornya. Namun tidak sedikit yang mengunakan kata ossu ini sebagai salam kepada sesama anggota.

Sensei Robert Mustard, sebagaimana dikutip dari Aikidoshudokanindonesia.Com, menjelaskan, di Jepang, orang-orang yang menggunakan kata “OSU!” adalah olahragawan-olahragawan di SMA dan Universitas, serta mereka yang belajar karate. Di perusahaan–perusahaan, Anda juga akan mendengar kata ini, tapi mereka menggunakannya karena untuk mengatakan “OHAYO GOZAIMASU” (selamat pagi) dan mereka menyingkatnya menjadi kata “OSU!”.



Sumber : 
forum.beladiri.info
bandung-karate-club.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kenji Goh

"... Takutlah dengan orang yang hanya MENGUASAI satu jurus"