Memar dan Pertolongan Pertama

Memar adalah perubahan warna kulit menjadi hitam atau ungu kebiruan akibat adanya kebocoran pembuluh darah kecil di bawah kulit. Kondisi ini merupakan kondisi  yang sering dijumpai dan dialami oleh praktisi beladiri.

Hal ini terjadi karena beberapa hal seperti terjatuh atau terkena pukulan ke badan yang menyebabkan beberapa kebocoran atau pecahnya pembuluh darah di bawah permukaan kulit, tanda/ gejala yang muncul dipermukaan adalah perubahan warna kulit tersebut.

Pada umumnya, memar terbentuk setelah kontusi (benturan jaringan) dan akan hilang dengan sendirinya dalam waktu dua sampai empat minggu.
Kecepatan pemulihan dan pengembalian warna kulit bergantung pada penyebab memar, lokasi memar, serta penyakit yang mendasar dalam diri seseorang. Memar yang terjadi karena benturan yang berat akan lebih lama hilang jika dibandingkan dengan memar akibat benturan yang lebih ringan. 

Memar pada kaki biasanya membutuhkan waktu penyembuhan yang lebih lama daripada memar pada badan, muka, atau tangan. Hal ini terjadi secara normal karena pengaruh gaya gravitasi. 

Adapun memar yang muncul kurang dari tiga puluh menit setelah benturan dan diiringi dengan tanda-tanda peradangan seperti kemerahan, panas, sakit hebat, atau bengkak di daerah yang terbentur, mengindikasikan adanya benturan yang serius dengan kemungkinan terjadi kerusakan tulang di dalamnya. Kasus-kasus seperti ini lebih sering terjadi pada persendian dan membutuhkan penanganan dokter segera.


Walaupun memar biasanya dapat sembuh dengan sendirinya. Namun perlu dilakukan beberapa hal agar memar dapat sembuh lebih cepat, yaitu:

1. Sesegera mungkin kompreslah dengan menggunakan air dingin atau es pada daerah yang memar untuk mengurangi perdarahan dan pembengkakan. Gunakan handuk atau alas lainnya untuk sebagai pelapis antara kulit dan es. Pastikan untuk tidak terlalu lama menggunakan es ini, agar Anda tidak mengalami kedinginan.

2. Bila memar terjadi pada lengan atau kaki, angkat bagian tersebut dengan posisi lebih tinggi dari jantung untuk mengurangi aliran darah lokal.

3. Setelah 24 jam, gunakan kompres hangat untuk membantu penyembuhan luka. Kompresan hangat akan membuka pembuluh darah sehingga memperlancar sirkulasi darah pada area tersebut.

4. Jika merasakan sakit pada daerah tersebut, Anda bisa menggunakan obat penghilang rasa sakit atau salep untuk mengurangi rasa sakit yang banyak tersedia di apotik-apotik.

5. Menggunakan obat berbahan acetaminophen mungkin ide yang baik karena akan bertindak sebagai pereda nyeri serta mencegah pembekuan. Lebih baik menghindari ibuprofen atau aspirin karena efeknya yang bisa menunda perdarahan.

6. Bila memar bertambah parah atau bengkak dengan rasa sakit tak tertahankan, segera bawa ke rumah sakit karena ada kemungkinan patah tulang atau luka lainnya.

7. MengKonsumsi makanan kaya vitamin seperti brokoli, paprika hijau dan lemon akan mempercepat proses penyembuhan.

Sumber : 
http://health.detik.com
http://health.okezone.com
http://kesehatan.kompasiana.com
http://merdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kenji Goh

"... Takutlah dengan orang yang hanya MENGUASAI satu jurus"