Perguruan Beladiri Karate Kyokushin di Indonesia

Kyokushin di indonesia pertama kali dibawah oleh Shihan Nardi (Salute and Respect for him) yang adalah guru Shihan Sujoto, organisasi kyokushin pertama di Indonesia adalah Pembinaan Mental Karate Go No Sen yang setelah menginduk ke IKO (International Karate Organization) Kyokushinkaikan berganti nama menjadi Pembinaan Mental Karate Kyokushinkai Karate-Do Indonesia, dan Shihan Nardi di tunjuk sebagai branch chief indonesia dan chief instructor pertama di Indonesia (Batu, Malang), kemudian masalah dalam organisasi muncul, yaitu tentang sentralisasi dan disentralisasi organisasi, terjadi beda persepsi antara Shihan Nardi dan muridnya Shihan Sujoto, yang kemudian Shihan Sujoto membuat Organisasi baru bernama Indonesia Karate-Do Kyokushinkaikan (IKK) pd tgl 26 Januari 1982. Tapi organisasi ini tidak bisa masuk FORKI karena sudah ada PMK yang sudah lebih dulu memakai nama Kyokushin. 


Berawal dari sini, supaya tidak dianggap liar, IKK numpang nama ke Kala Hitam. Namun demikian IKK tetep independen, namun dalam forum resmi seperti turnamen memakai nama Kala Hitam, Hal ini sudah ada kesepakatan antara Shihan Sujoto dan Kancho Winta Karna. Diantara kesepakatan tersebut adalah Shihan Sujoto diberi wewenang yang luas untuk turut mengembangkan organisasi Kala Hitam dan menangani masalah hubungan dengan organisasi Induk di Japan yaitu IKO yang saat itu masih dipimpin Sosai Oyama. 

Namun demikian Shihan Sujoto akhirnya dipecat dari Kala Hitam karena dianggap mau mengkudeta Kala Hitam yaitu dengan secara sepihak merubah nama organisasi Kala Hitam menjadi Kyokushin Karate Indonesia (KKI) sekitar th 96, Karena saat masuk ke Kala Hitam Shihan Sujoto sudah membawa gerbong IKK, maka ketika dipecat dari Kala Hitam otomatis gerbong IKK mengikuti Shihan Sujoto dengan nama baru KKI.

Kemudian Shihan Sujoto dengan organisasi barunya KKI ditunjuk sebagai Branch Chief Jawa Tengah (Semarang) sedangkan PMK Kyokushinkai Karate-Do Indonesia menjadi organisasi Mandiri dengan Honbunya di Batu, Malang. Begitu juga Kala Hitam Kyokushin menjadi organisasi mandiri dengan Honbunya di Medan, SumUt.

Setelah itu kembali terjadi masalah dalam organisasi KKI yang kemudian Sensei Pramono dengan organisasi barunya Perguruan Bela Diri Tangan Kosong IKO Kyokushinkaikan Indonesia ditunjuk sebagai Branch Chief Jakarta oleh IKO Kyokushinkaikan, Sedangkan Sensei Anthony F. Pajouw membuat organisasi baru Kyokushin-Kan Indonesia yang berafiliasi ke Kyokushin-Kan International Kancho Royama dan organisasi KKI mengubah nama menjadi Perkumpulan Perguruan Seni Bela Diri Kyokushin Indonesia (yang skrg namanya WKO Shinkyokushinkai Indonesia) yang kemudian berafiliasi Ke NPO WKO (World Karate Organization) Shinkyokushin yang dulu bernama NPO (No Profit Organization) IKO Kyokushinkaikan ato IKO2.

Saat ini kira-kira ada 7 perguruan Karate Kyokushin di Indonesia, yaitu:

1. Pembinaan Mental Karate Kyokushinkai Karate-Do Indonesia pimpinan Shihan Nardi T. Nirwanto (Organisasi Mandiri, Honbu di Batu Malang, anggota FORKI)

2. Kala Hitam Kyokushin pimpinan Kancho Winta Karna (Organisasi Mandiri, Honbu di Medan, anggota FORKI)

3. World Karate Organization Shinkyokushinkai Indonesia pimpinan Shihan JB. Sujoto (berafiliasi ke Non-Profit Organization World Karate Organization Shinkyokushinkai Shihan Kenji Midori ato IKO2)

4. International Karate Organization Kyokushinkai Karate-Do Indonesia pimpinan Shihan MS. Dadang UB (berafiliasi ke Kyokushin Union/Rengokai Shihan Kazuyuki Hasegawa ato IKO5)

5. Perguruan Beladiri Tangan Kosong International Karate Organization Kyokushinkaikan Indonesia pimpinan Sensei H. Sugeng Pramono (berafiliasi ke International Karate Organization Kyokushinkaikan Kancho Shokei Matsui ato IKO1)

6. Kyokushin-kan Indonesia pimpinan Sensei Anthony F. Pajouw (berafiliasi ke Kyokushin-Kan International/Shogakukai Kancho Hatsuo Royama ato IKO6)

7. Akademi Seni Bertarung Kyokushin Indonesia pimpinan Shihan Sylvester Sebastian (yang ini saya kurang tau berafiliasi kemana tapi menurut info ke Kyokushin Union/Rengokai Shihan Kazuyuki Hasegawa ato IKO5)



Sumber : http://mhwinata.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Kenji Goh

"... Takutlah dengan orang yang hanya MENGUASAI satu jurus"