Perguruan Pencak Silat Gubug Remaja


logo perguruan pencak sialt gubug remaja

Perguruan Pencak Silat "GUBUG REMAJA" adalah kelanjutan dari perguruan pencak silat "TABIB KETIMURAN GUBUG"yang didirikan sebelum tahun 1935 oleh pendirinya kakak beradik almarhum. Raden KOESHARTOYO & Raden AGOENG. di desa Ketangi KAB.Ngawi. didesa tersebut telah didirikan perguruan pencak silat yang diberi nama " TABIB KETIMURAN GUBUG " perguruan ini mengajarkan sebuah tehnik seni beladiri tangan kosong dan berbagai senjata yang mempunyai tehnik yang sangat mematikan bagi lawan2nya karena tujuan dasar perguruan ini awalnya untuk menumpas para penjajah di indonesia, selain itu perguruan ini memperdalam aliran ketimuran yang bersifat semedi dan mujo semedi mengharuskan setiap anggotanya untuk mempunyai kanuragan yang hebat di jamannya.

foto pendiri PPS gubug remaja R. Koeshartoyo
Raden Koeshartoyo
TABIB KETIMURAN GUBUG ini sendiri mempunyai semboyan (seorang pendekar GUBUG harus mempunyai kemampuan untuk merubah tangan dan kaki meraka menjadi sebuah pisau dan tombak untuk melumpuhkan setiap lawan2 nya). serta mempunyai slogan SANTOSONING JIWO ROGO KHINARYO KALUHURANING NUSO, BONGSO, NEGORO lan AGOMO. 


foto pendiri PPS gubug remaja R. Agoeng
Raden Agoeng
Setelah meninggalnya ke dua sesepuh perguruan pencak silat ini R. KOESHARTOYO pada tahun 1948 demi melindungi rakyat dari pemberontakan PKI ( kalau R. KOESHARTOYO tidak menyerahkan nyawanya rakyat akan dibantai pada saat itu ,karena beliau telah berhasil membebaskan petinggi2 pemerintahan dan rakyat yang di tahan PKI pada saat itu akirnya beliau mengorbankan diri demi kelangsungan hidup para pengikut, anak, cucu dan masyarakat pada saat itu dan pemerintah mengaperisiasikan jasa beliau menjadi seorang pahlawan namanya diabadikan menjadi sebuah jalan di dekat PADEPOKAN GUBUG REMAJA menjadi Jl. KOESHARTOYO saat ini) dan R. AGOENG pada tahun1972 .

Dengan berkat dorongan bapak Ashadi Daman Nuri selaku ketua IPSI (Ikatan pencak silat Indonesia). Maka oleh pemrakasa pendiri yaitu Sdr. Slamet Binurwoto maka pada tanggal 01 Agustus 1974 melalui musyawarah warga dan keluarga, anak cucu bekas siswa "Gubug" yang terlebih dahulu mendapatkan izin dan restu persetujuan dua tokoh ahli waris yang ada yaitu :
1. R.HARMADI SOSROWARDOYO ( Pensiunan JAKSA dengan alamat JL. PB Soedirman Tulung Agung )
2. Mayjen TNI AD prof. Dr. MUSTOPO (Guru besar Unerversitas Dr. MUSTOPO, Jakarta) yang beralamatkan Leungkur I-84 Kebayoran Baru.

Telah diputuskan diberdirikan kembali perguruan "Gubug" yang diberi nama Perguruan pencak silat "GUBUG REMAJA" Yaitu hasil meniadakan kata-kata "TABIB KETIMURAN GUBUG" dan menambahkan kata "REMAJA" di belakang kata "GUBUG'. Yang bermaksud bahwa perguruan Pencak silat ini diteruskan generasi remaja anak cucu dan murid murid perguruan.

Adapun KETUA UMUM di tunjuk dan diputuskan ahli waris garis lurus kedua tokoh GUBUG yang dipercayakan kepada : R. DIPOYONO KOESHARTOYO semenjak tahun 1974 - 1986 perguruan tersebut berkembang dengan baik, pada tanggal 6 oktober 1986 beliau Bapak R. DIPOYONO KOESHARTOYO telah menghibahkan perguruan tersebut kepada anak didik kedua tokoh tersebut dengan mengadakan musyawarah warga dan keluarga yang ada di Ngawi. Adapun ketua umum yang di tunjuk sebagai pengganti beliau adalah Bapak M. SUYUT SYAMSURI.

Pada tahun 1994 Bapak SUYUT SYAMSURI meninggal dunia, sehingga tampuk kepengurusan dipegang kembali oleh Bapak R. DIPOYONO KOESHARTOYO. Karena beliau merasa sudah tua maka beliau memberikan restu kepada " SUYANTI SH " ( Putri kandung salah satu Pendiri PERGURUAN GUBUG REMAJA, Bapak R. AGOENG, putri yang ke 3 dari beliau) menjadi Pimpinan Umum Pusat PERGURUAN GUBUG REMAJA INDONESIA, dengan diadakanya musyawarah seluruh warga GUBUG REMAJA se-INDONESIA dan keluarga besar eyang R. KOESHARTOYO dan Bapak R. AGOENG, pada tanggal 23 november 2010 di Sekretariat Pusat GUBUG REMAJA PUSAT NGAWI di Jl. Kyai mojo no 08, Ngawi, Jawa Timur, Indonesia..

Ketua Umum PPS Gubug Remaja
Suyanti Bintang. SH
Perkembangan perguruan ini begitu pesat terdiri dari 19 kecamatan di NGAWI sendiri dan mempunyai cabang di seluruh provinsi di INDONESIA bahkan di luar negeri dan mempunyai anggota ratusan ribu sekarang ini . GUBUG REMAJA sendiri aktif di organisasi IPSI maupun kejuaraan beladiri diluar IPSI dan telah membuktikan perestasinya di segala pertandingan yang ada . 

Padepokan PUSAT GUBUG REMAJA INDONESIA sendiri berada di Jl. Kyai mojo no.08 Ketanggi, Ngawi yang sekaligus menjadi rumah singgah dari PIMPINAN PUSAT perguruan saat ini. GUBUG REMAJA ini mengajarkan setiap anggotanya untuk berperstasi baik di dalam lingkungan masyarakat maupun di dalam glanggang arena. GUBUG REMAJA sendiri mempunyai satu komando yaitu dari PIMPINAN PUSAT supaya tidak ada perpecahan di tubuh perguruan ini .


Sumber : http://ppsgubugremaja.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kenji Goh

"... Takutlah dengan orang yang hanya MENGUASAI satu jurus"