Jurus TAPAK SUCI

Jurus TAPAK SUCI terbagi ke dalam delapan kelompok jurus yang masing-masing diberi nama dengan nama flora dan fauna. Masing-masing Jurus ini dibedakan sesuai dengan alat penyasar, karakter, dan kekhasan masing-masing. Kedelapan kelompok jurus ini diaplikasikan baik untuk permainan Tangan Kosong maupun Senjata.

            
Delapan Kelompok Jurus TAPAK SUCI:
1. Mawar
2. Katak
3. Naga
4. Ikan Terbang
5. Merpati
6. Lembu
7. Rajawali
8. Harimau

TAPAK SUCI menamai jurus-jurus yang diajarkan dengan nama-nama flora dan fauna (dalam hal ini mewakili mahluk Allah SWT), mengandung arti sebagai berikut:
  • Menampilkan warna baru dalam pendidikan dan latihan pencak silat.
  • Nama flora dan fauna lebih memudahkan anggota dalam mengingat gerak.
  • Kalau anggota TAPAK SUCI menggunakan jurus namun keliru dasar kejiwaannya, hal itu dikategorikan sebagai pembelaan diri yang berdasar naluri 'kebinatangan', bukan naluri 'kemanusiaan'.

Bagaimana bentuk Jurus TAPAK SUCI?
Jurus TAPAK SUCI bukan merupakan bentuk gerak jurus pencak silat yang luar biasa atau istimewa, melainkan Jurus TAPAK SUCI adalah jurus pembelaan diri yang merupakan satu kesatuan antara gerak dan jiwa yang dilandasi oleh dasar kejiwaan akhlaqul karimah dan kesucian diri dalam mengatasi masalah yang mengancam dirinya dengan tujuan kebahagiaan fiddunya wal akhirat.




Sumber :
http://pptapaksuci.org
http://www.facebook.com/photo.php



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kenji Goh

"... Takutlah dengan orang yang hanya MENGUASAI satu jurus"